Tips Ampuh agar Rumah Bebas Hama!

Siapa pun pasti ingin memiliki rumah yang bebas dari serangan hama.

Apalagi, selain mengganggu, kehadiran hama seperti kecoa dan nyamuk dapat membawa virus penyakit yang berbahaya bagi penghuni rumah.

Nah, agar rumah Anda terbebas dari koloni hama, berikut adalah beberapa tips ampuh yang bisa Anda terapkan.

  1. Semprotkan Cairan Penangkal Hama untuk Atap Rumah Berbahan Kayu
    Untuk menangkal serangan rayap pada atap kayu, cara ampuh yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengaplikasikan cairan penangkal rayap seperti tiner, minyak tanah, kapur sirih, atau insektisida.
  2. Jaga Kebersihan Rumah
    Sudut rumah yang kotor adalah tempat yang disukai tikus dan kecoa. Sisa makanan yang tercecer dan lantai yang kotor juga dapat mengundang datangnya lalat. Untuk itu, selalu jaga kebersihan rumah khususnya lantai dan sudut-sudut rumah untuk mencegah datangnya hewan-hewan tersebut. Baiknya, lakukan pembersihan rumah secara rutin dengan cara menyapu, mengepel, atau menghisap debu di area lantai.
  3. Batasi Area Makan
    Membatasi area makan bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi risiko tumpah atau tercecernya makanan. Untuk itu, buat peraturan bagi semua penghuni rumah agar menikmati sajian hanya di ruang makan. Cara ini juga bisa mencegah munculnya serangga di ruangan rumah yang lain.
  4. Jangan Menumpuk Piring Kotor di Wastafel
    Menumpuk piring kotor di wastafel adalah kebiasaan buruk yang dapat mengundang datangnya hama dan penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya segera cuci piring dan peralatan dapur lainnya setelah makan atau memasak.
  5. Pastikan Pipa dan Saluran Pembuangan Berfungsi dengan Baik
    Pipa yang bocor atau saluran pembuangan yang bermasalah dapat menghasilkan genangan air yang membuat rumah menjadi lembab. Akibatnya, hewan pengganggu seperti tikus dan kecoa akan mudah datang. Untuk itu, selalu pastikan pipa dan saluran pembungangan dalam keadaan bersih dan berfungsi dengan baik.
  6. Simpan Buah dan Sayur Segar dengan Baik
    Buah dan sayur-sayuran segar adalah bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jika disimpan terlalu lama di dapur, buah dan sayur dapat mengundang hama dan serangga. Sebaiknya, simpan buah dan sayur segar di dalam wadah yang ditutup rapat atau di dalam lemari es dan segera buang apabila sudah tidak segar.
  7. Jangan Menumpuk Sampah Basah di Dalam Rumah
    Hama dan serangga mudah muncul di sampah-sampah basah seperti sisa makanan, minuman, buah-buahan busuk, atau jenis sampah lain yang dapat membusuk jika dibiarkan terlalu lama. Karenanya, sebisa mungkin jangan menumpuk sampah basah di dalam rumah. Khususkan sampah di dalam rumah hanya untuk sampah kering dan tidak berbau.
  8. Tempatkan Tanaman yang Memiliki Bau Menyengat
    Beberapa hama seperti kecoa dan nyamuk tidak menyukai bau menyengat yang dihasilkan oleh tanaman atau bunga. Anda bisa meletakkan tanaman seperti lavender, geranium, basil, atau citronela untuk mencegah datangnya serangga dan hama di dalam rumah.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan rumah bebas hama.

Sumber : aca.co.id

Published
Categorized as Tips

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *