Rumah Anda sudah “Sehat’? Yuk perhatikan ciri-ciri ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan standar rumah sehat layak huni. Standar tersebut terbagi dalam dua kategori, yaitu memenuhi syarat kesehatan dan memenuhi syarat kenyamanan.

1. Memenuhi Syarat Kesehatan

• Dinding dan Lantai Tidak Lembab
Ciri pertama rumah yang memenuhi syarat kesehatan adalah mempunyai dinding dan lantai kering alias tidak lembab. Selain itu, dinding dan lantai pun harus mudah dibersihkan. Nah, agar keduanya tetap kering, Anda bisa melakukan beberapa upaya.

• Ventilasi dan Jendela Cukup
Sirkulasi udara sangat memengaruhi kesehatan, karena itu Anda sebaiknya memilih rumah dengan sirkulasi udara yang baik. Nah, indikator sirkulasi udara yang baik bisa Anda lihat dari jumlah ventilasi dan jendela. Pastikan jumlahnya memungkinkan udara terus mengalir.

Sebagai patokan saja, luas bukaan jendela minimal satu per sembilan luas ruangan. Selain itu, jendela harus bisa ditembus sinar matahari.

• Letak Rumah Sesuai Arah Matahari
Untuk mendukung adanya sirkulasi udara yang baik, Anda harus memilih rumah yang letaknya sesuai arah matahari.

Arah matahari sendiri, yaitu dari timur—barat. Dengan letak yang sesuai, maka rumah pun akan mendapatkan sinar matahari merata.

Sehingga, Anda bisa memaksimalkan pencahayaan alami untuk menghemat energi listrik selama siang hari.

Jadi selain memenuhi syarat kesehatan, letak rumah sesuai arah matahari juga bisa membuat Anda lebih hemat energi dan bujet.

2. Memenuhi Syarat Kenyamanan

• Pengaturan Ruang Ideal
Rumah harus memenuhi syarat kenyamanan agar positive vibes memenuhi suasana hati Anda kala menghuninya.

Salah satu cirinya, yaitu mempunyai pengaturan ruang ideal, di mana ruang di dalamnya mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan.

• Tata Ruang Tepat
Kenyamanan dalam rumah erat kaitannya dengan tata ruang. Untuk kamar tidur, usahakan bisa dimasuki oleh sinar matahari pagi.

Sementara untuk ruang makan dan dapur, usahakan mempunyai penerangan optimal, baik alami ataupun buatan, serta bukaan yang optimal ke arah luar.

Itu dia ciri-ciri rumah sehat yang harus memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan, mudah dikenali, bukan?

Selain itu, ciri-ciri rumah sehat lainnya tampak dari kebersihan rumah. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan yang satu ini.

Sumber : rumah123.com

Published
Categorized as Tips

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *