Mengenal Strategi berdagang dalam Islam

Di dalam ajaran Islam, ada dua jenis strategi berdagang. Adapun strategi berdagang tersebut dilakukan agar tidak ada pihak yang dirugikan dalam kegiatan jual beli.

Strategi berdagang tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Strategi jual beli murabahah.
    Strategi murabahah adalah strategi jual beli yang disertai keuntungan bagi penjual. Harga pokok dengan harga jual diketahui secara ma’lum oleh kedua orang yang saling bertransaksi.
  2. Strategi jual beli tauliyah.
    Strategi tauliyah adalah strategi jual beli yang dilakukan dengan jalan menjual barang sesuai harga beli dengan tidak mengambil keuntungan atau kerugian sepeser pun bagi penjualnya.
  3. Strategi jual beli muwadla’ah
    Strategi muwadla’ah adalah strategi memberikan diskon kepada pembeli. Umumnya jual beli ini dilakukan dengan jalan memberitahukan harga pokoknya dan besaran diskon yang bisa diterima oleh pembeli. Biasanya jual beli ini dipraktikkan untuk memberi potongan harga kepada pelanggan. Pelanggan yang sering datang ke pedagang tertentu, akan dimanjakan olehnya dengan memberi berbagai fasilitas kemudahan dalam belanja. Hukumnya adalah mubah dan jual belinya sah.
  1. Strategi jual beli amanah.
    Strategi amanah adalah strategi jual beli yang sudah ditetapkan harga besaran laba keuntungannya atau ketiadaan dari keduanya berdasarkan amanat pedagang. Hukumnya adalah boleh dalam syariat, asalkan tidak dilakukan dengan cara-cara menipu, menyembunyikan cacat, dan sebagainya.

Sumber : brilio.net

Published
Categorized as Tips

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *