8 Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda Meski Gaji Terbatas

Membeli rumah untuk pasangan muda adalah salah satu prioritas setelah menikah.

Keinginan untuk membangun bahtera rumah tangga sendiri, membuat banyak pasangan muda berupaya untuk segera membeli rumah idaman.

Sayangnya, kondisi keuangan yang masih belum stabil membuat banyak pasangan muda kesulitan dalam mewujudkan impian tersebut.

Baru saja selesai untuk biaya pernikahan yang tak sedikit, kini kita dihadapkan dengan target untuk membeli rumah yang mahal.

Nah, khusus untuk Anda, berikut kami akan menguraikan 8 tips membeli rumah untuk pasangan muda meski gaji atau penghasilan masih pas-pasan.

  1. Buka tabungan khusus untuk program membeli rumah
    Sebagai komitmen awal, mulailah untuk membuka rekening khusus untuk program membeli rumah. Rekening ini tidak boleh dicampur dengan rekening untuk sehari-hari. Jumlah setoran awal pun tidak usah terlalu banyak. Cukup sesuaikan dengan kemampuan kamu dan pasangan.
  2. Ikut program cicilan DP (Down Payment)
    Saat ini banyak program untuk mencicil DP yang bisa kamu ikuti. Baik yang disediakan langsung oleh developer ataupun oleh bank. Jika kamu menggunakan program cicil DP oleh bank, ini bisa menguntungkanmu ketika hendak mengajukan KPR di bank tersebut. Setidaknya, bank sudah mengenali kondisi keuangan kamu.
  1. Pilih rumah dengan cicilan maximal 30% dari penghasilan
    Para perencana keuangan menyarankan agar kamu mengalokasikan tak lebih dari 30% penghasilanmu untuk program membeli rumah.
  2. Ambil rumah saat launching
    Nah, pada saat launching tak jarang developer mengadakan berbagai promo dan diskon khusus. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan harga rumah yang lebih murah.
  3. Pertimbangkan perumahaan syariah
    Perumahan syariah adalah perumahan yang dikembangkan dan diangsur tanpa bunga. Dengan begini, harga rumah bisa lebih murah dibanding perumahan konvensional.
  4. Ambil KPR dengan tenor paling panjang
    Nah, dengan memilih tenor yang paling lama, otomatis jumlah cicilan juga menjadi lebih kecil. Ini akan sangat menguntungkan di masa depan.
  5. Manfaatkan fasilitas KPR dari kantor
    Beberapa perusahaan memiliki fasilitas KPR bagi karyawannya. Nah, kamu bisa menanyakan hal ini kepada bagian HRD perusahaan kamu. Jika kantor kamu menyediakan fasilitas KPR, sebaiknya manfaatkan segera.
  6. Cari penghasilan tambahan
    Saat ini, ada banyak pilihan untuk mencari penghasilan sampingan. Semua informasinya tersedia di internet. Seperti misalnya, membuka warung makan kecil-kecilan di depan rumah, membuka bisnis online, hingga memanfaatkan kendaraan untuk bergabung sebagai ojek online.

Pada gilirannya, tak jarang penghasilan sampingan bisa lebih menjanjikan dari gaji utama. Yang pasti sedikit banyak akan meringankan beban finansial keluarga barumu.

Nah, itulah 8 tips membeli rumah bagi pasangan mudah. Semoga bisa membantu kamu dalam mendapatkan rumah idaman untuk keluargamu.
Sumber : edwardrhidwan.id

Published
Categorized as Tips

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *