Mengenal Konsep Kawasan Transit Oriented Development (TOD)

Bagi anda yang sering mencari properti, Anda mungkin sering mendengar kawasan berkonsep Transit Oriented Development atau TOD.

Banyak pengembang atau developer yang mencantumkan TOD sebagai nilai tambah dalam pemasarannya maupun nilai jual propertinya.

Konsep TOD memang tengah gencar dibangun di sejumlah kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Baik pemerintah maupun swasta tampak berlomba-lomba menginvestasikan dananya untuk membangun TOD. Sebenarnya apa sih TOD itu? Yuk ketahui lebih jauh.

Penerapan Konsep TOD

Ada beberapa pengertian tentang TOD yang berkembang di tengah masyarakat.

Pertama, orang menganggap bahwa TOD adalah sebuah konsep hunian yang terintegrasi dengan sistem transportasi umum.

Artinya sebuah hunian yang telah terintegrasi dengan stasiun, terminal, hingga bandara.

Maka tidak heran saat ini banyak pengembangan TOD di sekitaran Jakarta yang sedang dibangun berdekatan dengan stasiun kereta, terminal hingga bandara.

Lokasi pembangunan hunian tersebut bisa dibilang sangat dekat dari lokasi-lokasi transportasi umum.

Kedua, ada juga yang berpendapat bahwa inti dari TOD adalah sebuah konsep yang mendekatkan pemukiman dengan titik-titik transportasi atau TOD merupakan sebuah konsep transit.

Dengan demikian, jika seseorang telah menggunakan transportasi umum, maka dia bisa menggunakan transportasi lain untuk sampai ke lokasi tujuan.

Syaratnya, lokasi transit yang disebut sebagai TOD ini bisa membuat orang beralih dari satu moda ke moda transpotasi lainnya dengan jarak tunggu tidak sampai tujuh menit berjalan kaki dari moda transportasi pertama.

Setelah itu, dia menggunakan transportasi umum atau pun kendaraan pribadi yang telah diparkir di lokasi TOD tersebut.

Membantu Kelestarian Lingkungan

TOD memiliki tujuan untuk menciptakan hunian yang lebih ramah lingkungan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dalam sebuah hunian yang menggunakan konsep TOD ini, pada umumnya akan terintegrasi langsung dengan satu atau lebih moda transportasi umum.

Dengan menggunakan moda transportasi umum, Anda jelas akan mengurangi angka polusi yang berasal dari kendaraan pribadi.

Jadi, bisa dipastikan saat memilih hunian berkonsep TOD, Anda sudah memiliki kontribusi aktif dalam upaya pelestarian lingkungan sekitar.

Konsep TOD akan Semakin Booming

Kalangan pengembang ramai-ramai memanfaatkan momentum proyek-proyek strategis seperti pembangunan light rail transit (LRT) Jabodebek, mass rapid transit (MRT) dan perluasan area bandara Soekarno-Hatta, untuk membangun hunian.

Ada yang mengerjakan apartemen dan rusun di area stasiun, terminal dan bandara. Ada juga yang membangun perumahan dengan memilih lahan tidak jauh dari area simpul-simpul transportasi massal tersebut.

Masyarakat di sekitaran Jakarta akan banyak beralih menggunakan LRT, MRT, dan KRL pada tahun ini. Tentunya mereka memilih untuk memiliki hunian yang berada di sekitaran TOD tersebut.

Konsep TOD memang sedang brejalan terutama di banyak simpul transportasi.

Tentu banyak pihak yang menyambut baik proyek TOD ini. Selain masyarakat bisa punya hunian yang tidak jauh dengan lokasi stasiun, terminal, dan bandara, mereka juga tentu bisa menghemat biaya transportasi dan waktu.

Sumber : propertinews.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *