Harga Properti Naik Setiap Tahunnya? Semenarik Itukah Bisnis ini?

Kenapa harga properti akan naik setiap tahunnya ? Berikut faktor yang bisa menyebabkan naiknya harga properti setiap tahunnya :

1. Kekurangan Hunian

Hingga tahun ini, Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR mencatat backlog atau kesenjangan kebutuhan perumahan di Indonesia masih sekitar 11 juta unit.

2. Sulitnya mencari rumah kelas menengah bawah

Kebutuhan rumah untuk kalangan menengah ke bawah mempunyai porsi terbesar di Indonesia.

Kelas menengah ke bawah ini adalah keluarga yang berpenghasilan di bawah kisaran Rp5 Juta per bulan.

3. Situasi pasar yang terbuka

Potensi pasar properti di Indonesia sangat terbuka luas untuk investor swasta di semua kelas, termasuk pasar kelas menengah ke bawah.

4. Investor punya kendali sendiri

Inilah yang membedakan investasi jenis lain dengan properti, di mana harga akan cenderung selalu naik dan Anda dapat menentukan keuntungan investasi dengan cara memilih lokasi yang tepat maupun melakukan renovasi untuk meningkatkan nilai jual propertinya.

5. Tidak perlu dijual demi untung

Investasi di pasar modal dan barang berharga seperti emas mengharuskan Anda untuk melakukan penjualan saat harga naik, jika ingin mendapatkan keuntungan.

Di lain sisi, ini tidak berlaku pada investasi properti, karena Anda dapat memilih untuk menyewakannya kepada orang lain.

Itulah mungkin yang menyebabkan harga properti akan terus naik setiap tahunnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *