Yuk! Kenali Produk-Produk Investasi Syariah

Saat ini banyak sekali jenis-jenis investasi yang dapat anda kerjakan dan pastinya cukup menguntungkan. Salah satu yang cukup dilirik orang-orang saat ini adalah Investasi Syariah.

Yang membedakan produk investasi syariah dengan produk investasi konvensial adalah pada keuntungan yang didapatkan oleh nasabah.

Jika investasi pada umumnya menggunakan keuntungan berbentuk bunga bank. Namun pada sistem produk investasi syariah memiliki keuntungan dalam bentuk sistem bagi hasil (nisbah).

Sistem keuntungan yang dimiliki ini lah yang akan memberikan kesan adil bagi investor serta nasabah bank.
Jenis-jenis investasi syariah :

1. Saham syariah

Berinvestasi saham syariah juga termasuk ke dalam investasi syariah karena di dalamnya menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam agama Islam.

Tidak seperti menanamkan saham konvesional, investasi saham syariah adalah jenis saham yang berasal dari usaha-usaha yang tidak berlawan dengan syariat Islam yang ada.

Banyak sekali contoh-contoh saham syariah yang ada merupakan saham-saham yang berasal dari perusahaan konsumer.

2. Reksadana syariah

Investasi reksadana syariah ini memiliki konsep yang sama dengan reksadana konvensional.

Hanya saja pada reksadana syariah dilakukan atas dasar prinsip ekonomi islam yaitu adanya pembeli (nasabah) dan agen reksadana (pihak bank syariah) yang melakukan kesepakatan melalui akad.

Tak hanya itu saja, di dalam reksadana syariah ini dana yang dimiliki nasabah akan diinvestasikan manager investasi yang mana memang memahami hukum ekonomi islam.

Sehingga keuntungan yang di dapat akan dibagi dengan para investor secara bersih.

3. Investasi Emas

Emas merupakan logam mulia dengan nilainya yang cukup berharga. Sehingga seringkali dijadikan sebagai investasi yang cukup menguntungkan.

Investasi emas dianggap menguntungkan dikarenakan nilai jualnya yang memang lebih stabil serta dianggap pengganti mata uang tanpa adanya batasan aset dan dapat diungkan kapanpun ketika dibutuhkan.

Selain simple, jenis investasi ini termasuk ke dalam investasi syariah karena tidak bertentang dengan konsep syariah dalam agama Islam.

Investasi emas ini memang dianjurkan karena nilainya yang terus meningkat setiap waktu sehingga sangat cocok untuk jangka panjang.

4. Obligasi Syariah

Obligasi Syariah atau Sukuk adalah efek syariah berbasis sekuritiasasi aset dan termasuk ke dalam Efek pendapatan tetap.

Penerbitan, penggunaan dan perdagangan sukuk tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah.

Tujuan penerbitan sukuk antara lain untuk pebiayaan dan pengembangan perusahaan.

Nah itu tadi beberapa produk investasi syariah yang dapat anda pilih dan tentunya akan menguntungkan untuk anda.

Saat ini investasi perbankan syariah memang banyak dilirik karena dirasa lebih bagus dan adil serta menggunakan prinsip-prinsip syariah dalam agama Islam.
Sumber : zonkeu.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *