Rumah Anda Sepi? Coba Amalan Ini

Umat Islam diajarkan untuk merawat dan memuliakan rumah dengan berbagai amal saleh supaya tempat berlindung dari panas dan hujan ini tidak menyerupai kuburan.

Nabi saw bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan. Berselawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan selawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (HR. Abu Daud)

Maka dari itu, ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan di rumah supaya jauh dari kesan kuburan dan bisa memberi kenyamanan.

1. Sholawat

Hadits tadi secara langsung memerintahkan kaum muslimin untuk senantiasa berselawat kepada Nabi Muhammad saw.

Saat di rumah, selawat tidak harus dengan pengeras suara namun cukup dengan selawat yang sederhana misalnya selawat Jibril (Shalallahu ‘ala Muhammad).

Adapun untuk pahala selawat salah satunya adalah jaminan syafaat dari Rasulullah saw di hari kiamat kelak.

2. Membaca Al-Quran

Rumah yang sering dibacakan Al-Qur’an akan memancarkan aura positif dibanding yang tidak pernah dibacakan Al-Qur’an.

Dengan membaca Al-Qur’an, insyaAllah jin dan setan yang selalu mengganggu dapat kita usir.

Manfaat membaca Al-Qur’an dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW,

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari)

3. Memperbanyak Sholat

Salat yang sebaiknya banyak dikerjakan di rumah adalah salat sunah, sedangkan salat fardu tetap yang paling utama dikerjakan di masjid, musala, atau di langgar.

Rasulullah saw bersabda, “Jadikanlah rumah kalian sebagai tempat salat kalian, jangan jadikan ia sebagai kuburan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa amalan yang bisa kita kerjakan di rumah, yang memiliki pahala besar dan menjadikan rumah kita jauh dari kesan kuburan. Semoga kita bisa konsisten mengamalkannya.

Sumber : akurat.co

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *